SEKILAS INFO
: - Saturday, 25-09-2021
  • 4 minggu yang lalu / GEBYAR VAKSINASI JABAR JUARA “MERDEKA COVID” DI SMK NEGERI RAJAPOLAH DAN PERESMIAN GEDUNG COE OLEH WAKIL GUBERNUR JAWA BARAT
  • 1 bulan yang lalu / PENDAMPINGAN PENGUATAN PEMBELAJARAN KURIKULUM SMK PUSAT KEUNGGULAN TAHUN 2021 SMK NEGERI RAJAPOLAH BERSAMA: UNIVERSITAS PANCASILA DAN BBPPMV BBL MEDAN
  • 1 bulan yang lalu / WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM SMK PUSAT KEUNGGULAN 28 -29 JULI 2021

PENDAMPINGAN

PENGUATAN PEMBELAJARAN KURIKULUM

SMK PUSAT KEUNGGULAN TAHUN 2021

SMK NEGERI RAJAPOLAH BERSAMA:

UNIVERSITAS PANCASILA DAN BBPPMV BBL MEDAN

 

SMK Pusat Keunggulan merupakan suatu prioritas pengembangan pada sistem pembelajaran berbasis industri (dual base, pembelajaran berbasis proyek dan/atau teaching factory), pengembangan fasilitas dan peralatan praktik standar industri agar dapat menjadi Sekolah Penggerak yang mampu mendemonstrasikan kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership) terutama dari kepala sekolah beserta guru di dalamnya sehingga dapat meningkatkan kompetensi peserta didik baik hard skill maupun softskill dan karakter industri.

Sebagai tindak lanjut program implementasi SMK Pusat Keunggulan periode Tahun 2021, SMK Negeri Rajapolah melaksanakan Workshop Penguatan Pembelajaran Kurikulum SMK Pusat Keunggulan bersama Universitas Pancasila, BBPPMPV BBL Medan dan DUDIKA pada Hari Kamis, tanggal 19-20 Agustus 2021 bertempat di Gedung COE SMKN Rajapolah. Narasumber dari Universias Pancasila  diwaliki oleh Bapak Dr. Prima Jiwa Osly, ST., MSi., dan Nelson Manurung, MPd sebagai narasumber dari BBPPMPV BBL Medan serta dari pihak DUDIKA diwaliki oleh CV. Dwi Tunggal Mandiri dengan Bapak H. Ir. Enur Mutakin sebagai narasumber.

Dalam kesempatan ini, Kepala Sekolah SMKN Rajapolah, Dr. Hj Sri Nurhayati, MSI berharap bahwa program SMK Pusat Keunggulan menjadi pendorong bagi SMK Rajapolah untuk bermitra lebih erat dengan industri. Kemitraan dengan industri sejatinya harus mampu mendongkrak pembelajaran yang aktif, inovatif, dan dinamis bersama industri. begitu pun -manfaat dari penguatan pembelajaran melalui pelatihan bersama universitas dan industri seperti ini akan sangat membantu dalam mengembangkan sekolah dan kualitas lulusan sekolah.

Bapak Dr. Prima Jiwa Osly, ST., MSi  mengungkapkan bahwa “Program SMK Pusat Keunggulan mengusung semangat “Merdeka Belajar” berfokus pada penguatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan, serta mendekatkan sektor pendidikan dengan dunia kerja profesional. Program SMK Pusat Keunggulan memberikan jalan untuk dapat memerdekakan potensi guru, kepala sekolah, dan siswa, serta menciptakan ekosistem berkebinekaan yang berstandar global.”

Adapun strategi yang terus digeliatkan, yakni pertama, menerapkan kebijakan program link and match paket 8 + 1 yang bukan sekadar MoU. Kedua, rebranding pendidikan vokasi, dan ketiga, merombak mindset SDM pendidikan vokasi. Program link and macth yang didorong mencakup penyelarasan kurikulum satuan pendidikan vokasi dengan industri, pengembangan soft skill dengan project base learning, guru tamu dari industri mengajar di satuan pendidikan vokasi, magang minimal satu semester, penerbitan sertifikasi kompetensi, pendidikan dan pelatihan pengajar pendidikan vokasi di industri, riset terapan yang menghasilkan produk untuk masyarakat, serta komitmen serapan lulusan oleh dunia usaha dan industri (DUDI). Sedangkan +1 dari program link and match tersebut adalah  bantuan, beasiswa maupun ikatan dinas yang diberikan oleh dunia usaha dan industri.

Salah hal penting dalam penyelerasan kurikulum SMK Pusat Keunggulan dengan DUDIKA, dalam hal sarana dan prasarana sarpras yang ada di SMK Pusat Keunggulan, dia harus mau alat-alatnya juga digunakan oleh guru-guru di SMK yang lain terutama ketika ada guru maupun siswa yang ingin menggunakan peralatan tersebut untuk meningkatkan kompetensi produktivitasnya demikian hal tersebut diungkapkan oleh Bapak H. Ir. Enur Mutakin sebagai narasumber dari pihak DUDIKA yaitu CV. Dwi Tunggal Mandiri.

Selanjutnya pada Hari ke-2, Workshop Penguatan Pembelajaran Kurikulum SMK Pusat Keunggulan diisi dengan diskusi penyelerasan kurikulum SMK Pusat Keunggulan dengan Kompetensi Keahlian DPIB (Desain Permodalan dan Informasi Bangunan).  pada intinya bahwa untuk menunju  SMK Pusat Keunggulan harus didukung oleh perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum SMK Pusat keunggulan, sarana dan prasana harus berkualitas, alat yang berkualitas sesuai yang ada di dunia industry dan dunia kerja. demikian bahwa fasilitas pembelajaran yang dimiliki oleh SMK Rajapolah tidak kalah dengan sekolah di luar negeri. Kurikulum SMK juga perlu ditingkatkan guna meningkatkan soft skill. sehingga SMK Rajapolah tidak hanya hebat dalam teknologi, tapi juga berkomunikasi serta berinteraksi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Categories